Rabu, 20 Oktober 2010

Perbedaan Fungsi Hub dan Switch

Dalam era informasi sekarang ini, penggunaan komputer merupakan suatu hal yang tidak terhindarkan dan cenderung menjadi suatu keharusan. Interkoneksi antar komputer telah menambah fungsi lain darinya, tidak hanya sebagai pengolah dan penyimpan data, melainkan sebagai alat komunikasi dan resource & information sharing. Dalam suatu jaringan komputer kita bisa saling berbagi pemakaian sumber daya (resource), misalnya pemakaian printer bersama, CDROM, floppy disk, dsb. Selain itu, komputer dalam suatu jaringan dapat menjadi alat komunikasi dan information sharing yang efektif, misalnya dengan teleconference meeting, Internet, mailing list, dsb.

HUB

Merupakan alat yg mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menerima file-file data dari komputer untuk kemudianmeneruskannya ke komputer atau tempat lain pada suatu jaringan.



Hub bisanya digunakan pada jaringan topologi star. batas maksimum paralel antar hub adalah tiga buah hub, maka untuk menghubungkan jaringan kita membutuhkan sebuah router.
Hub yang beredar d pasaran saat ini memiliki jumlah port yg berbeda-beda, mulai dari 5 port hingga 64 port. Hub kita hubungkan ke komputer menggunakan kabel UTP dengan konektor jack RJ-45 yang terpasang pada ujung-ujungnya


SWITCH

Sebenarnya hampir sama dengan hub, perbedaan antara keduanya adalah :
- Kecepatan akses switch lebih bsar dibandingkan hub. contohnya, apabila kecepatan switch dengan akses 100 Mbps maka keluaran kecepatan akses tersebut tetap atau sama dengan 100 Mbps,
sementara pada hub apabila terdapat 4 buah client yang sama, maka kecepatan aksesnya terpecah menjadi 4, tidak tetap seperti switch.
- switch hanya mentransper data yang diterimanya, kemudian meneruskan hanya pada port yang dituju saja
adapun hub membroadcast data yang masuk pada semua port yang dimilikinya.

untuk jaringan yg lbh luas seperti internet, switch masih tetap membutuhkan router untuk dapat meneruskan paket-paket data, sebagaimana hub. switch juga mampu melakukan fungsi routing, sehingga dinamakan IP switch. Namun demikian, hanya beberapa switch saja yg mampu melakukan ini.


Karena menawarkan kinerja dan transper data dan akses yg lebih baik, maka mayoritas pemakai lebih senang menggunakan switch daripada hub.
semoga bermanfaat boss,
jgn lupa komentarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jan lupo komentar nyo boss