Jumat, 22 Oktober 2010

pengertian, modem internal, eksternal dan wireless modem serta cara kerjanya

Modem merupakan kependekan dari Modulator Demodulator. Alat ini memungkin kan PC, mini komputer, atau mainframe untuk menerima dan mengirimkan paket data dalam bentuk digital melalui saluran telepon. modem digunakan untuk menghubungkan PC dengan internet. Cara menghubungkan PC dengan internet ada beberapa macam, yaitu dengan mengunakan line telepon, kabel modem, wireless modem, satelit, ADSL (asymmetric Digital Subsciber Line), dan lain sebagainya.

terdapat 2 macam modem yg kita gunakan, yitu modem internal dan modem eksternal.

Modem internal


Modem internal bentuknya hampir sama dgn LAN card yang kita pasangkan pada salah satu slot komputer dan menggunakan power suplply dari PC, sementara modem eksternal sudah ada tempatnya yg menggunakan power supply yg terpisah dr CPU dan pada umumnya sudah memiliki adaptor tersendiri, modem eksternal tersambung pada komputer menggunakan kabel serial yg terkoneksi pada port serial dibelakang PC dan isambungkan ke LAN card.

Keuntungan modem eksternal

- Tidak banyak menggunakan kabel
- Harganya relatip lebih murah
- Mencegah pengguna lain untuk bertindak iseng terhadap modem, karena berada dalam CPU

Modem eksternal



- Tidak menggunakan slot dalam komputer
- Dapat kita nyalakan atau kita matikan secara terpisah dr komputer
- lebih mudah kita pindahkan pada PC lain tanpa harus membongkar CPU
- dilengkapi dgn panel, LED, atau LCD yg menampilkan info tentang apa yg sedang kita lakukan oleh modem. Hal tersebut cukup membantu kita apabila terjadi peremasalahan dlm jaringan atau gangguan

wireless modem



Wireless :Wireless atau dalam bahasa indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel.Cara Kerja :Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.

Pemilihan modem internal ataupun eksternal ataupun wireless modem tergantung pada selera kita, untuk saat ini sebagian org byk memilih modem eksternal baik itu yg biasa atupun yg wireless modem apalagi sekarang sudah byk propider-propider telepon seluler yg gencar - gencarnya mempromosikan internetan tanpa batas, baik itu TelkomselFlash, im2, axis, 3 DLL
smoga bermanfaat boss , dikutip dariwiharsono kurniawan dan berbagai sumber
jgn lupa komentarnya

2 komentar:

jan lupo komentar nyo boss